Human Friends cute,friendly,cool,warm

 

Human Best Friends

 


MAKANAN, PERAWATAN, DAN KESEHATAN ANJING

A. Makanan Anjing
Pakan kategori puppy (untuk anjing usia 6 minggu-4 bulan) memiliki kadar protein tinggi. Zat nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan otot, kulit, dan bulu. Pakan untuk anjing junior ( untuk anjing usia 4 bulan-1 tahun) proteinnya lebih sedikit dari puppy. Maklum, pertumbuhan anjing usia 4 bulan-1 tahun tidak sepesat anjing lebih muda. Meski begitu, ia butuh banyak kalsium. Sebab pada usia itu, proses pertumbuhan tulangnya sangat pesat. Saat usia 4 tahun, anjing tidak mengalami pertumbuhan lagi. Karena itu kadar kalsium, protein, magnesium, dan pospor di dalam menunya harus dikurangi. Pakan untuk anjing dewasa / adult (usia lebih dari 1 tahun), harus memiliki kandungan gizi yang seimbang. Dokter hewan biasanya merekomendasikan suplemen atau dog food yang paling cocok untuk masing-masing anjing. Kini dog food ditawarkan dalam bentuk yang berbeda, basah dan kering, juga untuk berbagai jenis anjing yang berbeda pula.
Perlu diketahui, tiap ras punya usia pertumbuhan berlainan. Anjing ras kecil (poodle, pomeraniaan), pertumbuhannya berhenti pada usia setahun. Ras besar semisal Golden Retriever tumbuh hingga usia1,5 tahun, Rottweiler dan Great Dane tumbuh hingga usia 2 tahun. Kebutuhan nutrisi anjing pada saat dalam kandungan sudah harus dipenuhi. Pada usia kebuntingan 5 minggu, porsi pakan harus ditambah. Selain itu, menu harus diubah. Menu harian berupa pakan adult dengan pakan kategori puppy. Pada usia bunting 7 minggu, total menu berupa pakan kategori puppy.
Anjing puppy usia 6 minggu - 4 bulan butuh menu berisi protein 30% dan lemak 16%. Sedangkan anjing junior usia 4 bulan – 1 tahun butuh menu dengan kadar protein 28% dan lemak 16%.
Anak anjing disapih induknya pada usia 6 minggu, saat itu giginya sudah lengkap dan kuat. Begitu disapih, kita bisa mulai memberinya menu buatan. Pilih dog food kering untuk puppy. Masukkan pakan itu ke dalam air hangat hingga menjadi bubur. Suguhkan bubur hangat itu 4 kali sehari. Porsinya 1 mangkok sekali makan.
Cermati pula kadar aditif dalam pakan. Pakan anjing bermerek umumnya mencantumkan takaran zat aditif pada kemasan. Zat aditif ditambahkan ke dalam pakan untuk memberi aroma, warna, dan mengawetkan makanan.
Anda juga harus mewaspadai pakan dengan warna mencolok dan terkesan tidak alami. Sebab dog food seperti itu banyak zat pewarnanya. Jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kanker dan kerusakan hati. Zat pewarna tidak boleh melebihi 200 bagian persejuta (ppm), atau 0,02%.
Selama masa pertumbuhan., anak anjing harus banyak mengkonsumsi susu. Fosfor, kalsium, dan magnesium di dalam susu sangat mendukung pertumbuhan tulang yang kuat. Juga bisa diberikan dog food kategori puppy yang dilengkapi asam amino DHA. Zat ini dipercaya bisa membantu pertumbuhan otak anjing.
Pada usia 6 minggu anak anjing masih boleh minum susu khusus anjing bebas laktosa. Sehingga anak anjing terhindar dari penyakit mencret. Susu itu bisa diganti dengan susu yang biasa diminum manusia. Pilih susu tanpa laktosa.
Anjing muda wajib minum susu 2 kali sehari (pagi dan sore). Selain susu, anjing ras besar harus mendapat suplemen pendukung pertumbuhan. Semisal kalsium, vitamin B, dan vitamin C. Suplemen seperti itu banyak dijual di pet shop atau klinik hewan.

B. Perawatan anjing
Merawat anjing sering kali tampak sebagai pekerjaan yang sederhana dan mudah. Memang sederhana, tetapi ada beberapa detil dan standar yang harus dipenuhi. Masing-masing bagian dari tubuh anjing memerlukan perawatan yang berbeda-beda, misalnya bagian bulu dikeramasi dan disisir, sedangkan bagian kuku dipotong dan bagian gigi disikat.


1. Memandikan Anjing
Anjing dimandikan satu minggu sekali dengan perlengkapan seperti air, gayung, shampo, dan konditioner. Mereka harus dimandikan di atas alas yang tidak licin dengan suhu air yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Setelah mandi mereka harus dikeringkan agar tidak masuk angin, sementara telinganya dibersihkan dengan bola kapas.
Memandikan anjing sampai benar-benar bersih memerlukan ketelitian, misalnya dengan menggunakan shampo anjing khusus dan jangan sampai mengenai mata mereka. Copot kalung anjing sebelum membersihkan bagian leher.
Shampo untuk anjing tidak selalu harus digunakan untuk mandi dengan air, ada juga shampo yang bisa digunakan dengan cara kering, atau dikenal dengan sampo kering. Shampo kering ini bermanfaat sekali untuk membersihkan tubuh anjing hanya di bagian yang kotor saja.
Mengeringkan rambut adalah proses terakhir dalam memandikan anjing. Gunakan handuk yang kering, kemudian agar kering lebih sempurna, anda sebaiknya menggunakan hair dryer sambil menyisir rambut si anjing. Setel suhu pada temperatur yang tepat.


2. Pijat (massage)

Pijat merupakan hal yang sangat nikmat, anjing-anjing menyukainya. Dengan dipijat, otot mereka akan rileks, sirkulasi darah lancar. Manfaat sekunder dari memijat yaitu anda bisa menemukan benjolan tersembunyi, jika mereka punya penyakit yang belum anda ketahui.
Memijat diawali dengan mengelus tubuh mereka secara searah sampai mereka benar-benar santai, kemudian mulai dengan gerakan memutar pada bagian punggung dan sisi. Ketika mereka benar-benar menikmatinya teruskan sampai bagian lengan. Mereka akan menyukainya.
Jangan memijat anjing yang cidera, karena bisa membuat mereka semakin parah. Untuk mereka yang cidera atau luka dalam. Membawanya ke dokter hewan jauh lebih baik daripada mencoba menyembuhkan sendiri.

3. Merawat Rambut Anjing
Langkah paling mudah untuk merawat rambut anjing adalah dengan menyisirnya. Rambut yang sering disisir membuat bulu mereka lembut dan terlihat rapi. Keuntungan anjing ketika rambut mereka disisir, yaitu mereka akan merasa seperti dipijat.
Teknik menyisir rambut anjing tergantung pula pada jenis bulu dan kulit mereka. Menyisir bulu yang panjang tetapi tidak lebat harus menggunakan sisir dengan ujung yang tumpul dan cara menyisirnya tidak boleh terlalu dalam. Untuk anjing yang memiliki rambut tebal sekali dan memiliki bulu di bagian dalam, menyisir rambut ini harus dua tahap, sisir lurus dan setelah setiap bagian disisir, keseluruhan rambut disisir kembali dengan menggunakan sikat rambut yang lebar.
Sisirlah anjing berbulu yang pendek dengan menggunakan sikat yang lebar. Gunakan sisir lurus pada bagian yang berbulu panjang.

4. Manicure
Seperti yang bisa anda lihat, kuku kaki anjing panjang-panjang dan jari-jarinya juga berbulu. Kondisi ini memudahkan kotoran dan kuman untuk bersarang, apa lagi anjing punya kebiasaan main di tanah.
Kotoran dan kuman yang bersarang di kaki anjing adalah sumber penyakit. Untuk merawat kebersihan kuku anjing, maka anjing perlu manicure, perawatan kuku. Anda bisa manicure sendiri, yaitu dengan menggunting kuku anjing secara rutin.

5. Bau Mulut
Berada dekat anjing yang mempunyai bau mulut dahsyat merupakan hal yang menjijikkan. Biasanya bau mulut muncul karena makanan berbau amis, dan gigi yang jarang dibersihkan. Sudah menjadi tugas anda untuk menyikat gigi mereka dengan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk anjing.
Kemungkinan besar anjing tidak suka ketika seseorang menyikat gigi mereka tetapi dengan penghargaan dan latihan, mereka akan terbiasa. Biasakan untuk menyikat gigi mereka, karena dengan menyikat gigi, mereka tidak hanya mendapatkan nafas yang segar melainkan juga gigi yang bersih dan kuat.

6. Kebersihan Telinga
Struktur telinga anjing berliku-liku, dilapisi dengan lapisan minyak, dan juga ditutupi oleh bulu-bulu anjing. Karena itu kotoran dan debu-debu mudah bertumpuk dan berkembang menjadi ekosistem para bakteri dan kutu telinga. Kondisi ini “menyiksa” para anjing dengan rasa gatal, belum lagi jika kutu menciptakan borok.
Lapisan minyak dapat dibersihkan cukup dengan menggunakan kapas yang telah ditetesi baby oil atau minyak pembersih khusus seminggu sekali. Jika lapisan minyak keluar lagi dalam waktu kurang dari satu minggu, maka anjing anda mungkin mempunyai masalah kesehatan yang sebaiknya dikonsultasikan ke dokter hewan.

7. Kesehatan Mata
Kesehatan mata diamati dengan melihat biji matanya, tetapi bagian bola mata anjing terlalu besar sehingga anda harus menarik kelopak mata mereka untuk bisa melihat dengan jelas.
Jika anda melihat warna kemerahan atau kalenjar yang tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan hal ini denagn dokter hewan.
Ketika baru bangun tidur, biasanya ada kotoran yang menempel pada mata. Jika sudah mengering, kotoran ini agak sukar dibersihkan karena bisa menyakiti mereka. Sebelum dibersihkan. Lunakkan dulu dengan air hangat, baru dibersihkan dengan kapas basah atau kertas tissue.

C. Kesehatan Anjing

1. Kesehatan Internal
Kesehatan internal sukar diindifikasikan dengan gejala fisik, tetapi bisa terlihat dari perubahan perilaku. Perubahan yang paling umum terlihat adalah berkurangnya keagresifan, dan berkurangnya nafsu makan.
Ketika gejala perilaku menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres, maka anda harus memeriksa temperatur tubuh mereka. Suhu tubuh akan naik pada anjing yang sakit. Gejala lain yang harus diperhatikan adalah perubahan nafas, warna urin, dan suara gonggongannya.
Setiap adanya perubahan, terutama yang terlihat sebagai signifikan, jangan berspekulasi bahwa mereka akan sembuh dengan sendirinya atau mereka akan sembuh dengan obat yang anda berikan. Bawa segera ke dokter hewan.


2. Parasit Dalam Tubuh
Kebiasaan anjing memakan apa saja dan dimana saja membuat parasit mudah masuk ke dalam tubuhnya. Parasit yang paling mudah masuk ke dalam tubuh anjing adalah cacing, dimana siklus mutasi parasit ini tidak terputus. Dan dampak dari cacingan berbeda tergantung dari jenis cacing yang masuk.

3. Parasit Luar Tubuh
Parasit eksternal adalah setiap jenis makhluk hidup yang menumpang pada tubuh makhluk hidup yang ditumpanginya. Parasit eksternal berada di bagian luar tubuh “korbannya”. Pada anjing, parasit ini menempel di kulit dan bulunya. Parasit yang umum adalah kutu dan caplak, yang mengakibatkan gatal-gatal dan borok pada kulit anjing.
Parasit yang membuat anjing sibuk menggaruki tubuhnya bisa dibasmi dengan menggunakan obat kutu yang berbentuk cairan atau bedak. Anjing sering menjilati tubuhnya, jika mereka melakukannya pada badan mereka yang sedang diobati maka mereka bisa keracunan. Untuk mengatasi hal ini berangus bisa menjadi solusi yang baik.

4. Penyebab Mogok Makan anjing
Anjing mogok makan sering dipicu oleh kesalahan kecil yang secara tidak sadar berulang kali kita lakukan. Anjing pun punya kebiaasan makan. Maka penting mencermati perilaku dan kebiasaan makannya. Jangan sekali-kali mengganggu-gugat adat kebiasaan makan anjing.
Langkah pertama, anda harus mencari pemicu aksi mogok makan itu. Secara garis besar ada dua faktor penyebab, yaitu faktor dari dalam tubuh anjing, dan lingkungan.

a. Akibat Penyakit
Anjing pilek akan mengalami penurunan nafsu makan. Sebab, penciumannya terganggu. Berbagai gangguan dalam rongga mulut juga bisa menjadi penyebab aksi mogok makan. Saat usia 5 bulan, anjing akan mengalami pergantian gigi. Tak heran pada usia itu nafsu makannya kerap melorot. Luka, sariawan, dan benda asing yang “nyangkut” di mulut juga bisa menjadi biang mogok makan. Penyakit cacingan, kembung, dan maag, juga bisa menyebabkan nafsu makan melorot.
b. Pemicu dari Luar
Mogok makan akibat perpindahan tempat adalah lumrah. Anjing butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ajak anjing itu bermain, atau sekedar berjalan-jalan. Melalui cara ini, anjing bisa cepat akrab dengan lingkungan barunya.


copy write by :

LEA ERITA

lea_erita@yahoo.com

 

<
adopt your own virtual pet!